Senin, 20 September 2010

Detoksifikasi Pikiran dan Perasaan dengan Yoga


Yoga merupakan sebuah aktivitas penyelarasan tubuh, pikiran dan jiwa, yang sebenarnya sama sekali tidak bertolak dari ajaran agama apapun. Yoga berasal dari kata yuj yang berarti "menggabungkan" secara harfiah dianggap sebagai "upaya mengharmonikan".

Yoga bisa diartikan upaya mengharmonikan elemen konkret dalam bentuk tubuh, serta abstrak dalam bentuk pikiran-jiwa. Saat semuanya telah menjadi harmoni dalam satu kesatuan, maka terbentuklah sosok manusia yang ideal sesuai dengan hakikatnya sebagai ciptaan sang Maha Pencipta.
Delapan tingkatan yoga terdiri dari:
Yama, Kontrol etis, perlakuan kita terhadap faktor eksternal dalam kehidupan. Niyama, Penguasaan spiritual dalam memelihara kemurnian hidup sebagai manusia ciptaan Tuhan. Asana, Rangkaian gerak postur untuk melatih serta memelihara juga meningkatkan fungsi seluruh bagian tubuh. Pranayama, Seni pernapasan yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pratyahara, Penguasaan diri yang bersifat internal. Kemampuan untuk fokus terhadap apa yang ada dalam "diri seorang manusia". Dharana, Konsentrasi , apabila kita mampu memelihara fokus tadi secara lebih intens. Dhyana, Sebuah level di mana fokus tadi menjadi sesuatu yang bersifat otomatis, panjang namun tanpa beban. Pelakunya mampu membuat diri mereka fokus penuh konsentrasi namun terlihat relaks serta nyaman. Samedhi, Saat semua pencapaian positif tersebut telah termanifestasi dalam semua aspek kehidupan sang manusia pelaku yoga.
Dengan yoga, si pelaku akan membentuk diri sebagai manusia yang sehat secara batiniah dan lahiriah untuk menjalankan fungsi sebagai makhluk yang berguna bagi sesamanya, sehingga melahirkan sikap hidup lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar