Jumat, 17 September 2010

Digigit Ikan, Sehat lho...

Hah, digigit ikan? Tak perlu takut, ikan yang menggigit bukan dari jenis ikan piranha atau hiu. Ikan itu berukuran kecil, dan kerjaannya menggigiti sel-sel kulit kita yang mati, sambil menciptakan rasa agak-agak geli. Ya... Terapi ikan, fish therapy, ini tergolong unik. Bukan karena mengkonsumsi daging ikan atau minyak ikan tetapi memanfaatkan gigitan ikan.
Ada beberapa sebutan untuk ikan penerapi itu: doctor fish, garra rufa, nible fish, atau kangal fish. Memang tidak ada jenis ikan itu di Indonesia. Ikan-ikan dengan ukuran 4-5 cm, berasal dari Turki ini sekilas mirip anak ikan mujair.

Ikan garra fura ini hidup berkembang biak disekitar sumber air panas di daerah Kangal, sebuah kota kecil di Turki. Sumber makanan ikan ini adalah organisme kecil yang ada di dalam perairan hangat. Jika dipelihara di dalam kolam dan tidak diberi makan, sifatnya yang kanibal muncul. Mereka bisa saling bunuh kalau tak ada lagi makanan.
Ketika mematuk kulit kita, dari mulut ikan ini akan keluar semacam enzim yang disebut dithranol (anthralin), yang membantu mempercepat perkembangan sel-sel di dalam kulit. Dengan sendirinya, jika kita menderita sakit kulit, akan cepat sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar