Minggu, 19 September 2010

Jangan abaikan TIDUR

Ternyata tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tidur delapan jam semalam banyak manfaatnya, kalau kurang anda akan mudah terserang virus. Indikasinya, kalau tidur kurang, anda mudah bersin. Ada sebuah peneltian di Amerika yang menunjukkan, orang yang tidur kurang dari delapan jam/ malam beresiko tiga kali lipat terserang virus flu.

Para peneliti Amerika ini mewawancari 153 relawan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan sehat, dengan usia 21-55 tahun, selama 14 hari berturut-turut, soal kualitas dan kuantitas tidur mereka di malam sebelumnya. Para relawan itu kemudian ditempatkan ke dalam kamar-kamar hotel dan sengaja dicemari virus flu. Hasilnya, makin lama orang tidur, ia makin kuat menahan serangan serangan virus.
Terus bagaimana dengan orang yang tidur cukup hanya 4-5 jam sehari? menurut salah seorang peneliti tersebut, memang ada orang yang tidak memerlukan banyak tidur. Efektifitas tidur tidak bergantung pada durasi. Tetapi tetap ada porsi rata-rata pada setiap orangnya. Dan dalam riset tersebut ditemukan, orang yang  tidur kurang dari tujuh jam beresiko mengalami perkerasan pembuluh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar